Fasilitas dan Kebutuhan Dapur

Dalam sebuah dapur kehadiran kitchen set merupan nyawa karena segala kegiatan yang bergabung di dapur tidak terlepas dari funitur ini. Alur kegiatan daan zona aktivitas yang telah pernah dibahas sebelumnya dapat dijadikan acuan dalam mendesain kitchen set. Selain itu jangan lupa pula mempertimbangkan luas ruangan karena kitchen set umumnya dibuat berdasarkan luas dan bentuk ruangan agar tampil kompak.
Ada beberapa bentuk tipe kitchen set yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan dan kondisi dapur, salah satunya tipe single line. Single line merupakan kitchen set yang merupakan kitchen set dengan desain kabinet menyerupai huruf I. Karena bentuknya linear, kitchen set ini dapat menghemat tempat sehingga cocok diterapkan pada rumah dengan luas terbatas. Tipe lain adalah double line, yakni kitchen set yang terdiri dari sepasang kabinet dan diletakkan berdampingan sehingga terdapat area sirkulasi di tengahnya. Jarak antar kabinet ini minimal 1,2 m agar anda bisa leluasa bergerak.
Ada pula tipe L yang memiliki desain kabinet menyerupai huruf L. Ini merupakan tipe kitchen set yang paling optimal karena membuat alur kerja menjadi lebih efektif dan nyaman. Kemudian tipe lainnya adalah tipe U, yakni kitchen set dengan desain kabinet menyerupai dengan huruf U. Tipe ini baik diterapkan pada ruang dapur yang cukup luas karena memiliki tiga sisi kabinet. Tiga sisi kabinet ini dapat mengakomodasi zona aktivitas secara ideal. Yang terakhir adalah tipe island,yakni kitchen set berupa meja yang biasanya diletakan di sebalah tengah kitchen set tipe lain. Umumnya island di fungsikan sebagai tempat mencuci piring, memasak, atau area penyajian makan.Jika luas dapur anda cukup terbatas, sebaiknya hindari menghadirkan island dikarenakan akan memakan tempat
Secara umum kegiatan memasak memiliki alur kerja tertentu.Mulai dari penyimpanan dan membersihkan bahan makanan,mengolah dan meracik bumbu, memasak dan menyajikan makanan sehingga mencuci peralatan memasak kemudian menyimpan. Proses tersebut menciptakan zona aktivitas yang menjadi tiga bagian, yakni xoa persiapan, dan zona membersihkan, zona meracik, serta zona memasak. Zona aktivitas ini menjadi patokan dalam merancang dapur dan kitchen set.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *