Bahan Penutup Lantai Kamar Anak

i dalam kamar anak banyak menghabiskan waktunya di lantai untuk aktivitas berjalan, duduk-duduk serta tiduran dan mengobrol bersama teman-teman sehingga mengerjakan tugas dan keterampilan. Oleh karena itu pemilihan material penutup lantai yang tepat harus di perhatikan dengan cermat. Pilihlah lantai yang permukaannya tidak terlalu licin dan keras. Selain itu bahan lantai harus mudah dirawat atau dibersihkan. Lantai di kamar anak harus selalu terjaga kebersihannya.
• Lantai Keramik
Penutup lantai untuk kamar bayi harus bersifat praktis, tahan lama, dapat di cuci dan hangat. Penggunaan keramik lantai polos membuat kamar terasa lebih luas. Sebaiknya keramik lantai untuk kamar bayi dipilih dari jenis semi-matt agar lantai tak licin, sehingga lantai akan aman bagi siapa saja yang memasuki ruang terutama pada saat menggendong bayi.Keramik mempunyai beberapa kelebihan menonjol sebagai bahan lantai. Materi ini sifatnya dingin, sehingga sesuai untuk daerah tropis, tahan lama, mudah di bersihkan dan reltif ekonomis. Oleh karena itu keramik cocok digunakan untuk lantai keseluruhan rumah termasuk kamar anak.
• Lantai Kayu
Lantai kayu mungkin terlihat indah. Namun lantai tersebut terasa keras di telapak kaki. Permukaannya sering kali tidak rata, kasar dan sulit dibersihkan. Lantai kayu laminasi atau karpet yang bisa dicuci merupakan piliahan terbaik. Berkarakter hangat dan berkesan mewah, permukaannya tidak sekeras marmer atau keramik hingga cukup sesuai untuk kamar mandi anak. Kelemahan lantai kayu adalah tidak tahan gores, meskipun ada beberapa yang diberi finishing tahan air dan tahan gores. Jadi sebaiknya lantai kayu digunakan untuk kamar anak yang berumur 10 tahun atau lebih, yang tidak lagi bermain sepeda atau kuda-kudaan di dalam kamar.
• Lantai Karpet
Lantai yang seluruhnya berlapis karpet akan membuat permukaan lantai terkesan rapi dan nyaman. Selain meredam suara karpet memiliki corak dan warna yang beragam. Perlu diingat bahwa karpet bersifat menangkap debu serta menyerap kotoran atau air, sehingga perawatannya relatif sulit dan mahal. Oleh karena itu sebaiknya karpet digunakan sebagai alas pada area tertentu agar mudah dibersihkan. Pilih karpet yang warna serta corak yang mendidik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *